Hari Bahasa Arab Internasional 18 Des 2017

Kuliah UMUM FAI 13 Des 2017
December 13, 2017
Show all

Hari Bahasa Arab Internasional 18 Des 2017

Mendadak lantai lima Gedung Kuliah Bersama (GKB) 3 disulap menjadi nuansa Arabian. Hal ini dikarenakan adanya peringatan Hari Bahasa Arab Internasional (World Arabic language Day – اليوم العالمي للغة العربية) yang jatuh pada tanggal 18 Desember yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (18/12/2017) yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan bahasa Arab.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Ahmad Fathoni, Lc., M.Ag, selaku Ketua Prodi Pendidikan bahasa Arab, dihadiri pula oleh Dosen, peserta, dan simpatisan di lingkungan Fakultas Agama Islam. Setelah pembukaan berlangsung, dilanjutkan dengan kegiatan “Lomba Arabic Speed Typing” yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari tiap-tiap prodi di Fakultas Agama Islam.

WORLD ARABIC LANGUAGE DAY: MENGETIK ITU SKILL

Lomba ini kali pertama diadakan di Prodi PBA, dan cukup mendapat sorotan dari banyak kalangan. Arabic Speed Typing merupakan salah satu skill atau kemampuan mengetik cepat menggunakan media laptop atau komputer yang masih jarang dimiliki oleh seseorang terlebih dengan menggunakan Bahasa Arab. Tak jarang beberapa mahasiswa menggunakan bantuan on screen keyboard atau stiker tulisan Arab yang di tempel di keyboard laptop masing-masing dalam kesehariannya.

Menurut Ketua Pelaksana Anisatu Thoyyibah, S.Hum., M.Hum., Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari visi dan misi prodi PBA, yaitu mencetak lulusan yang melek teknologi. Ia juga menambahkan kegiatan lomba ini sebagai ajang menumbuhkan jiwa kompetitif yang sehat dan pemanasan sebelum menulis skripsi. Karena di semester akhir semua mahasiswa dan mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Arab khususnya diharuskan untuk menulis skripsi dengan menggunakan Bahasa Arab. Dan turut serta mahasiswa dari PPUT diwajibkan pula untuk menulis tugas akhir menggunakan bahasa asing baik Arab maupun Inggris.

Selama perlombaan berlangsung peserta diminta untuk menyalin sebuah naskah bertuliskan Bahasa Arab beserta tanda bacaanya baik berupa tasydid maupun harakat yang sudah disiapkan panitia dengan durasi 60 menit. Dan akan dipilih tiga orang untuk mendapatkan juara 1, 2, dan 3 dari keseluruhan skor yang telah diciptakan. “Adapun komponen penilaian terdiri dari waktu, naskah, dan syakl (harakat)”, ujar Nisa panggilan akrab ketua pelaksana. [ATy]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *